Jokowi Ingin Fasilitas Penunjang Pariwisata di Danau Toba Diperbaiki

Tapanuli Utara |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, semua titik yang ada di semua kabupaten di Danau Toba tinggal dipoles dan dipromosikan.
Namun Presiden Jokowi juga mengingatkan, agar fasilitas penunjang pariwisata di daerah itu semuanya harus sudah siap. Dirinya meminta agar sejumlah produk wisata yang ada di kawasan Danau Toba juga harus mulai diperbaiki dan dipromosikan secara lebih luas.
“Tinggal memoles dan mempromosikan, tapi fasilitas itu harus siap semuanya,” ujar Presiden usai mengunjungi kawasan Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu (14/10).
Jokowi sempat memuji keindahan alam kawasan Danau Toba. Menurutnya, wisata di wilayah itu merupakan potensi besar sektor pariwisata. Oleh karenanya, pemerintah terus berupaya mempersiapkan sejumlah sarana yang mendukung pertumbuhan kawasan tersebut.
“Yang juga tak kalah pentingnya adalah produk-produk wisata yang ada di sini. Harus mulai dibenahi, seni budaya juga mulai ditampilkan,” kata Presiden.
Disatu sisi, Jokowi mengatakan, saat ini pemerintah akan fokus menyelesaikan pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan jalan tol tersebut akan terus disambungkan.
“Akan diteruskan lagi kemungkinan pembebasan lahan mulai tahun depan. Insya Allah sudah dimulai pembebasan lahan. Kurang lebih 90-100 kilometer seingat saya,” ungkapnya.
Menurut Jokowi, kawasan tersebut masuk dalam kawasan pengembangan ekonomi khusus. Sehingga penting dilakukan pengembangan bandara Silangit dan jalan tol sekitar kawasan. “Fasilitas infrastruktur seperti itu penting dalam rangka pengembangan pariwisata di Danau Toba,” ucap Presiden.
Disamping itu, pemerintah juga bakal membuka rute penerbangan langsung dari Singapura ke Bandara Silangit. Hal itu dilakukan sebagai upaya promosi yang dilakukan pemerintah.
“Nanti akhir bulan ini ada penerbangan langsung dari Singapura ke Silangit. Meskipun masih pesawat bombardir. Kita coba, kita paksa jalan,” pungkas Jokowi.
Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.