Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games XVIII di Jakarta

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Asian Games XVIII Tahun 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) malam.
“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke 18 tahun 2018, saya nyatakan dibuka,” kata Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakhiri kata sambutannya.
Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan merasa bangga atas nama seluruh rakyat Indonesia, bangga dan merasa terhormat kedatangan tamu-tamu terhormat dari 45 negara.
Disebutkan oleh Presiden Jokowi, melalui pesta olahraga negara-negara Asia itu, menunjukan bahwa bangsa-bangsa se Asia adalah bersaudara.
“Dalam Asian Games ke 18, kita bangsa-bangsa se Asia ingin mengunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi,” tutur Presiden.
Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh penyanyi Tulus dengan diiringi paduan suara dari Purwacaraka. Para hadirin yang ada di lkoasi tidak ketinggalan ikut menyanyikan lagu bersama-sama.
Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembawa acara mengaja para hadiri untuk  mengheningkan cipta bagi korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Selanjutnya Ketua INASGOC Erick Tohir menyampaikan laporan, disusul sambutan yang disampaikan oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syekh Ahmad Al Fahad Al Sabah.
Asian Games XVIII kali ini diikuti oleh sekitar 16.000 atlet dari 45 negara peserta, digelar di 2 kota yaitu Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.
Sebagai Tuan Rumah Asian Games, Indonesia mengirimkan sebanyak 1.388 orang yang terdiri dari 938 atlet, 396 ofisial yang akan mengikuti 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.
Berita: Amj | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.